Diterbitkan pada 22 Mei 2023
Jakarta, 22 Mei 2023 - PT Super Bank Indonesia (Superbank) mengumumkan kemitraan strategis dengan PT Home Credit Indonesia (Home Credit) untuk memperluas akses pembiayaan inklusif bagi masyarakat underbanked [1] di Indonesia. Melalui kerja sama ini, Superbank akan memberikan pinjaman modal kerja kepada Home Credit, yang akan didistribusikan sebagai pinjaman multiguna kepada masyarakat yang membutuhkan dan yang belum sepenuhnya terjangkau oleh layanan perbankan.
"Sebagai bank dengan layanan berbasis digital yang didukung salah satu ekosistem terluas di Asia Tenggara, kami percaya pada kekuatan digitalisasi untuk memperluas akses ke layanan keuangan yang aman dan terpercaya serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sukiwan, Chief Business Officer Superbank. "Kemitraan kami dengan Home Credit merupakan perwujudan dari komitmen tersebut. Bersama Home Credit sebagai perusahaan pembiayaan yang berpengalaman dan terpercaya, kami percaya dapat menghadirkan solusi finansial bagi komunitas underbanked di seluruh Indonesia."
Kemitraan ini adalah respons terhadap meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa perusahaan pembiayaan seperti Home Credit untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan aktivitas sektor pembiayaan terus memperlihatkan tren pertumbuhan dan memiliki kualitas pembiayaan yang baik [2]. Nilai outstanding piutang pembiayaan tumbuh 12,17% (year-on-year) menjadi sebesar Rp402,6 triliun, sementara rasio Non Performing Financing (NPF) turun menjadi 2,54%. Menilik lebih lanjut, performa pembiayaan yang tumbuh sejalan dengan temuan dari survei yang dilakukan oleh Home Credit pada Februari 2023, di mana pemakaian produk pembiayaan sebagian besar didorong oleh preferensi masyarakat dalam mengelola arus kas keuangan pribadi dan menyimpan uang tunai untuk dana darurat atau tabungan.
"Home Credit memiliki komitmen yang sama dengan Superbank untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka berbagai kesempatan dalam hidup mereka melalui solusi pembiayaan yang transparan dengan proses yang cepat," kata Volker Giebitz, Direktur Home Credit Indonesia. "Kami telah membantu sekitar 6 juta pelanggan di lebih dari 200 kota di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Adapun sepanjang tahun 2022, kami telah menjangkau first-time borrowers di rata-rata 32% per bulan. Kerja sama dengan mitra perbankan kami, salah satunya Superbank, dapat membantu kami untuk memperluas jangkauan layanan, salah satunya untuk pembiayaan multiguna bagi para pelanggan existing kami."
Kemitraan antara Superbank dan Home Credit diharapkan dapat langsung berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat underbanked serta pemerataan ekonomi di seluruh penjuru Indonesia. "Didukung luasnya ekosistem serta jaringan distribusi dan digital yang dimiliki oleh Superbank dan Home Credit, kami optimis bahwa kerja sama ini dapat membuat perubahan positif dalam kehidupan masyarakat underbanked." tutup Sukiwan.
***
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Andre Sebastian Public Relations Lead Superbank public.relations@superbank.id | Keshie Hernitaningtyas Brightminds for Superbank superbank@brightminds.co.id |
Tentang Superbank
PT Super Bank Indonesia (Superbank) merupakan yang sedang dalam proses transformasi menjadi bank dengan layanan berbasis digital. Superbank merupakan brand baru menggantikan PT Bank Fama International, sebuah Bank Umum yang didirikan di Bandung pada tahun 1993 yang kemudian diambil alih oleh Grup Emtek, Grab dan Singtel di tahun 2021. Superbank telah mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya meraih The Most Efficient BANK Kategori BUKU I dalam ajang Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2022. Kehadiran Superbank sebagai pendatang baru di perbankan digital Indonesia memiliki misi untuk memperluas akses kredit bagi nasabah UMKM dalam mengelola usaha, memberikan solusi inovatif untuk nasabah retail, serta mengembangkan kolaborasi melalui salah satu ekosistem terluas di industri.
Untuk informasi lebih lanjut terkait Superbank kunjungi website kami di https://www.superbank.id.
Tentang Home Credit Indonesia
Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi yang berkomitmen untuk membuka kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia melalui layanan keuangan seperti pembiayaan barang untuk smartphone, gadget, furniture, peralatan elektronik dan sebagainya, pembiayaan tunai, pay later serta proteksi. Beroperasi sejak 2013, Home Credit Indonesia telah melayani lebih dari 5,8 juta pelanggan serta bekerjasama dengan lebih dari 22.000 toko milik mitra usaha di seluruh Indonesia dengan layanan yang cepat dan tersedia di mana saja. Mitra kami saat ini adalah produsen, peritel hingga marketplace terkemuka di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Rodalink, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Silakan kunjungi www.homecredit.co.id untuk berita terbaru dan informasi lebih mendalam mengenai Home Credit Indonesia. Berikan Like di Facebook Home Credit Indonesia, ikuti halaman perusahaan kami di LinkedIn Home Credit Indonesia, dan follow Instagram kami di @homecreditid.
[1] Underbanked adalah individu yang sudah memiliki akses layanan keuangan tetapi masih sangat sederhana seperti misalnya hanya tabungan tetapi belum bisa mengakses produk keuangan lainnya seperti kartu kredit, KTA dan lainnya karena riwayat kredit yang terbatas.
[2] Outlook Industri Jasa Keuangan 2023, OJK. https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/capacitybuilding/upcoming/1264/outlook-industri-jasa-keuangan-di-tahun-2023